0

Bukti Perkembangan Agama Hindu Di luar India dan Indonesia


1.  MESIR
Raja-raja mesir di jaman purbakala mempergunakan nama-nama seperti: Rameses l,Ramese ll, Rameses lll, dan seterusnya. Tentang nama Rameses,mengingatkan kita pada Rama yang terdapat pada kitab Ramayana. Rama, oleh umat Hindu diyakini sebagai menjelmaan atau awatara Vishnu, yaitu manifestasi dari tuhan sebagai pemelihara.Visnhulah yang menyelamatkan bumi ini dari keangkara-murkaan.
2.  MEXICO
Masyarakat mexico di katakana telah terbiasa merayakan sebuah hari raya pesta-ria yang di sebut dengan hari Rama-sita. Waktu hari pesta-ria ini memiliki hubungan erat dengan waktu hari suci Dussara atau Navaratri dalam agama Hindu “india”. Peninggalan-peninggalan bersejarah yang di temukan di negeri mexico seperti patung Ganesa. Penduduk jaman purbakala di daerah mexico adalah orang-orang ASTIKA yang artinya percaya dengan keberadaan Weda-weda. Penemuan patung Ganesa dapat kita hubungkan dengan arca ganesa sebagai putra dari Dewa Siwa dalam mithelogi Hindhu.
3.  PERU
            Disebelah barat amerika latin terdapat negeri yang di sebut negeri Peru. Penduduknya melakukan pemujaan terhadap Dewa matahari. Masyarakat negeri peru dikenal dengan bangsa inca. Kata inca berasal dari kata Ina yang berarti matahari . Dewa Matahari menurut keyakinan umat Hindhu Indonesia “BALI” menyebutkan Siwa Raditya = Surya = Matahari. Pemujaan kehadapan dewa matahari “Surya Raditya” terbiasa di lakukan oleh umat Hindhu kita, sebagai mana dilaksanakan oleh bangsa Inca sebagai penduduk negeri Peru.
          4. KALIFORNIA
          Kalifornia adalah sebuah kota yang berada di Amerika. Nama kota ini diperkirakan memiliki hubungan dengan kata Kapila Aranya. Di kota California terdapat Cagar Alam taman gunung abu “ask mountain park” dan sebuah pulau kuda “horse island” di Alaska amerika utara. Kita mengenal dalam kitab purane tentang keberadaan raja segara dan enampuluh ribu (60.000) putra-putranya yang di bakar abis hingga menjadi abu oleh maharsi Kapila. Kata Patala-loka memiliki arti negeri di balik India, yaitu benua Amerika. Kata kalifornia memiliki kedekatan dengan kata kapila Aranya. Kondisi ini memungkinkan sekali karena secara nyata dapat kita ketahui bahwa di amerika terdapat cagar alam Tanaman Gunung Abu yang memugkinkan sekali berasal dari abunya putra-putra raja segara yang berjumlah enam puluh ribu dan nama pulau kuda yang di ambil dari nama kuda persembahyangan Raja Segara.
          5. AUSTRALIA
          Penduduk negeri Australia atau negeri di sebut juga negeri kangguru memiliki jenis tarian tradisional yang di sebut dengan Siwa Dance atau Tarian Siwa. Siwa Dance adalah semacam tarian yang umum berlaku diantara penduduk asli Australia. Hasil penelitian spencer dan gillen menjelaskan bahwa para penari Siwa Dance menghiasi dahinya dengan hiasan mata yang ke tiga. Hal ini merupakan suatu  bukti yang dapat dijadikan sumber memeberikan informasi kepada kita bahwa penduduk asli negeri kangguru atau Australia ini telah mengenal atau mendengan dongeng-dongeng Weda dan nama-nama Dewa dalam kitab suci weda.
          Demikian beberapa bukti-bukti peninggalan sejarah yang ada di india dapat kita hubungkan dengan beberapa pengaruh Hindu di Negara-negara lainnya. Hal ini membutikan bahwa agama Hindhu merupakan agama tertua di dunia yang telah berpengaruh baik dengan Negara-negara lain yang ada di dunia. 

           

0 komentar:

Posting Komentar